Thursday, June 29, 2023

Stop Overthinking ayo pahami subjective well-being : Mengenal lebih dalam makna Film “Soul”

Stop Overthinking ayo pahami subjective well-being : Mengenal lebih dalam makna Film “Soul” 
Oleh: Hanifah Harviatulhaq

Dalam film soul yang dibuat atas kerja sama pixar dan Disney ini memberikan makna hidup yang sangat cocok untuk semua orang. Di mana, Joe gardner sebagai tokoh utama ini menjadi seorang guru musik yang baru diangkat menjadi guru tetap. Namun sayangnya, joe merasa bahwa menjadi guru musik bukanlah impiannya dan impiannya adalah tampil di panggung, menjadi musisi terkenal. Dia merasa hari-hari yang dia lewati itu hampa dan tidak bahagia. Maka dari itulah, dia mengusahakan hari-harinya untuk bisa tampil di panggung sesuai harapannya.

Singkat cerita, joe gardner mendapatkan hal itu, dia mendapatkan kesempatan untuk tampil di panggung bersama Dorothea sang musisi terkenal, dia bahagia sekali ketika dia mendapatkan kesempatan itu. Ironisnya, ketika joe sudah sampai pada apa yang diharapkan nya untuk menjadi pemain music dan tampil di atas panggung, dia tidak merasakan hal yang spesial pada dirinya, ketika selesai tampil. Joe masih merasa hampa dan tidak merasakan ada sesuatu hal yang spesial, joe hanya bingung kepada dirinya, dan perasaan itu terpancar di wajah joe yang membuat Dorothea penasaran dan bertanya. “kau kenapa?“ dan joe menjawab “bermain musik di atas panggung adalah impian ku sejak lama, namun aku masih merasa hampa dan tidak ada rasa spesial yang aku rasakan” Dorothea yang mendengar hal itu pun menjawab “ ada seekor ikan kecil yang bertanya kepada ikan tua, “Di mana lautan itu?” Dan seorang ikan tua heran dan bertanya, “apa yang kau maksud? Ini adalah lautan” Dan ikan kecil berkata, ini bukan lautan tapi ini hanyalah air. Kau pasti tau maksudku”. Kebahagian bukan lah tentang impian yang tercapai, tanpa kita sadari di film soul itu ada tokoh lain yang memberikan makna hidup, yaitu Dez sang tukang cukur. Dia awalnya bercita-cita menjadi dokter tapi karena suatu hal dia hanya menjadi tukang cukur. Namun nyatanya, tanpa menjadi dokter pun dia sudah merasa sangat bahagia dengan kehidupannya menjadi tukang cukur. 
Hal inilah yang perlu dipahami dalam setiap individu. Ada makna yang diselipkan di dalam film soul. Yaitu subjective well-being.

Secara lebih spesifik, SWB didefinisikan sebagai: kepuasan hidup dengan pengaruh positif yang tinggi dan pengaruh negatif yang rendah.  Kepuasan hidup mencakup komponen kognitif dari kebahagiaan ketika individu menilai bagaimana kehidupan mereka. Diener berpendapat bahwa hal ini mengacu pada ketidaksesuaian antara situasi saat ini dan apa yang dianggap sebagai standar ideal atau yang seharusnya (Veenhoven, 1991). Banyak hal yang kita harapkan dan akan banyak pula kegagalan yang mungkin terjadi. Namun hal itu, bukan berarti menjadi kesedihan dan menjadi gerbang tanpa kebahagiaan. Kebahagiaan hadir dengan bagaimana kita memandang dunia dan alur hidup kita dari positif.

Kebahagiaan akan sulit hadir dengan segala sesuatu yang kita pandang negative. Maka dari itu. Perlu untuk menanamkan subjective well-being ini di dalam diri kita. Karena terus menerus memikirkan masa depan kita dan menyalahkan diri kita sebagai suatu kegagalan tidak akan ada akhirnya, sampai kapanpun.

Cara Menuju Kesejahteraan
Aked dkk. (2008) mengemukakan lima temuan yang konsisten di seluruh penelitian yang akan meningkatkan kesejahteraan. Berdasarkan bukti ilmiah, lima cara menuju kesejahteraan meliputi: 
Connect. Penelitian secara konsisten menunjukkan bahwa ketika kita membangun hubungan dengan orang-orang di sekitar kita, kita mengalami tingkat kesejahteraan yang lebih tinggi serta ketahanan yang lebih kuat dalam menghadapi kesulitan. Laporan ini menyarankan untuk mengidentifikasi orang-orang yang berpengaruh dan penting dalam hidup Anda serta menginvestasikan waktu dan energi untuk membangun hubungan tersebut.

Be active. bagian penting dari kesejahteraan adalah menjaga tubuh dan juga pikiran. NEF menemukan bahwa aktivitas adalah bagian penting untuk meningkatkan kesejahteraan. Hanya dengan menggerakkan tubuh dapat memberikan efek yang sangat besar pada suasana hati dan fungsi kognitif Anda.
Take notice. Mengikuti penelitian menarik tentang menikmati, elemen ini mengacu pada penelitian yang menunjukkan bahwa 'berhenti untuk mencium aroma mawar' sebenarnya dapat meningkatkan kesejahteraan kita 
Keep Learning. Dengan melibatkan otak dan menantang diri Anda untuk terus belajar, Anda dapat meningkatkan tingkat kesejahteraan.
Give. Seperti yang terlihat dalam hasil penelitian tindakan kebaikan secara acak, orang-orang mengalami tingkat kesejahteraan yang tinggi ketika mereka memberikan sesuatu atau waktu mereka kepada orang lain.

Berhenti menyalahkan diri sendiri, berhenti merasa gagal karena satu harapan yang tidak tercapai, dan berhenti membandingkan diri dengan orang lain. Sayangi diri sendiri dan berikan kesempatan diri untuk kembali mencari jalan terang yang lain. Apapun hal itu, jika dilihat dari sisi positif akan sangat indah, dibandingkan terus menerus mengejar apa yang menjadi tolok ukur kebahagian yaitu pencapaian harapan. Tuhan memiliki jalan yang amat sangat sempurna dan rapi untuk semua hambanya. Ubah mindset negatif menjadi minset positif, seperti frankl yang bertahan bertahun-tahun di kamp nazi. Walaupun tersiksa , dia tetap memiliki makna hidup yang bahagia , karena melihat kesusahannya adalah sebuah hal yang positif. 

Referensi : Boniwell, K. H. (2011). Positive Psychology , Theory Research and Application. London: The mcGraw-Hill Company.

Works Cited

0 comments:

Post a Comment