Thursday, June 29, 2023

MAKNA DAN PENERAPAN SYUKUR DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

MAKNA DAN PENERAPAN SYUKUR DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI
Oleh: Siti Nur Asiah Zamil

Pengertian syukur dikutip dari jurnal Positive Psychological Assessment; A Hanbook Of Models and Measure. Menurut Robert A. Emmons: “Syukur adalah penegasan kebaikan. Ini adalah pengakuan bahwa kita telah menerima sesuatu yang berharga dari orang lain atau dari kehidupan itu sendiri. Ini adalah respon yang tumbuh dari dalam dan dipupuk dengan mengenali dan menghargai hal-hal baik dalam diri kita.

Dalam menjalani kehidupan kita semua perlu akan rasa syukur agar senantiasa hidup damai dan sejahtera. Salah satunya dengan berterima kasih kepada sang pencipta Allah SWT atas nikmat kehidupan yang telah diberikan seperti, kita masih bisa bernafas hingga detik ini berterimakasih kepada tuhan karena telah memberikan kita kehidupan yang damai dan kesehatan rohani serta jasmani yang mumpuni. 

Mengaplikasikan rasa syukur dalam kehidupan sehari-hari itu sangat amat banyak contohnya selain apa yang disebutkan diiatas misalkan : 

1. Berterimakasih kepada diri sendiri,orang tua,keluarga,sahabat,teman dan orang disekitar kita karena telah membersamai diri kita dalam kehiduapan ini, 
2. Meminta maaf diri sendiri dan kepada orang terdekat, karena kita tidak tahu sikap dan tutur kata yang kita sampaikan atau lakukan apakah berpotensi menyakiti atau tidak, lalu
3. Ucapkan kata tolong jika kita merasa membutuhkan bantuan dari orang lain.
Sebenarnya banyak contoh lain dalam kehidupan sehari-hari yang bisa kita ambil hikmah serta makna dengan banyak bersyukur. Semoga dengan memperbanyak rasa syukur dalam diri maka kita akan menyadari dan tidak akan membanding-bandingkan kehidupan kita dengan orang lain. 

Artikel ini mengingatkan kepada pembaca agar senantiasa kita mensyukuri kehidupan yang begitu nikmatnya ini, agar kita tidak akan merasa kekurangan dalam hal apapun. Berikut ada beberapa kata yang pembaca perlu diingat dan diaplikasikan dalam menjalani hidup aman, damai dan sejahtera dalam kehidupan sehari-hari yaitu mengucapkan permintaan tolong, meminta maaf, dan berterimakasih ketiga hal tersebuat jangan sampai kita lupakan karena itu akan membantu kita dalam proses menjalani kehidupan bermasyarakat.

0 comments:

Post a Comment