Friday, June 30, 2023

Law Of Attraction : Mengindahkan kehidupan dengan kekuatan Pikiran dan Harapan

Law Of Attraction : Mengindahkan kehidupan dengan kekuatan Pikiran dan Harapan
Oleh: Micko Muhammad Shidqi Imany

Setiap manusia hidup dengan harapan yang mereka miliki, bahkan harapan untuk kisah cinta yang akan mereka jalani. Namun anehnya setiap harapan selalu muncul dengan perasaan gagal yang ikut menghantui. Entah mengapa pikiran lebih mudah terjebak dengan rasa kegagalannya, bahkan sebelum kita memulainya. Oleh karena itu banyak manusia yang tidak bisa merasakan kebahagiaan  yang mereka harapkan karena merasa tidak pantas untuk mengharapkannya. Jelas mereka yang kehilangan harapannya dan terjebak dengan kegagalan yang menjadi fokus pikirannya, semakin lama malah akan terbawa ke dalam harmoni kegagalan itu sendiri. 

Idowu Koyenikan pernah berpendapat “The mind has a powerful way of attracting things that are in harmony with it, good and bad”. Pikiran akan memiliki cara yang ampuh untuk menarik hal-hal yang selaras dengannya, baik dan buruk. Konsep mengenai kekuatan pikiran ini merupakan konsep dari filsafat Law of attraction. Baik pikiran, perasaan, dan energi yang kita pancarkan semua itu akan menarik hal-hal yang selaras dengan vibrasi tersebut. Secara sederhana Law of attraction ini didefinisikan sebagai hukum tarik-menarik, hukum universal yang menyatakan hal apapun yang kita pikirkan dan kita yakini maka hal itu akan menjadi kenyataan seakan-akan pikiran itu ditarik untuk menjadi kenyataan (Nurhayati et al., 2023). Dengan demikian ketika kita memikirkan hal-hal negatif seperti kegagalan maka, secara tidak langsung semesta akan membawa kita ke dalam substansi tersebut dan tanpa sengaja hal yang tidak kita inginkan tersebutlah yang akan menjadi kenyataan bagi kita. Namun dengan demikian pula kita harusnya mengerti seberapa kuat kekuatan pemikiran tersebut.

Dengan kekuatan pikiran kita dapat menarik apa yang kita harapkan, kita dapat mengindahkan kehidupan kita dengan menerapkan prinsip Law of attraction ini.
Pusatkan pikiran kita pada pemikiran positif
Hukum tarik menarik ini menekankan bahwa penting untuk dapat memusatkan pikiran. Untuk mencapai kehidupan yang lebih baik maka pemikiran kita perlu fokus pada hal-hal yang positif. Dalam psikologi positif sendiri hal yang perlu digaris bawahi adalah bentuk pola pikir positif, seperti rasa syukur, harapan, dan optimisme. Diharapkan dengan selalu mengamalkan pemikiran positif maka akan terbentuk pengalaman positif yang dapat meningkatkan kesejahteraan kita. Selalu terjaga dalam pola pikir yang positif dan terhindar dari pikiran-pikiran yang negatif.

Imajinasikan dan yakini
Dengan mengimajinasikan keinginan kita maka kita akan lebih fokus untuk dapat meyakini hal tersebut. Dalam psikologi positif, teknik ini dapat membantu untuk membayangkan sehingga kita dapat merencanakan kehidupan yang lebih baik. Dengan membayangkan bahwa kita dapat meraih kebahagiaan, kesuksesan, dan hubungan yang baik, maka kita akan bisa membentuk pola pikir dan sikap positif yang nantinya akan mendukung keberhasilan kita dalam mencapai kehidupan yang lebih baik.
Menyelaraskan diri.

Seperti yang kita tahu psikologi positif ada untuk mendorong dan mengembangkan kekuatan internal kita, untuk mencapai kebahagiaan dan kepuasaan hidup serta kekuatan akan ketahanan mental ketika mengatasi kesulitan. Lalu Law of attraction mengajarkan kita untuk fokus pada keinginan kita dalam menemukan solusi bukan pada masalahnya. Perlu adanya penyelarasan antara fokus pikiran dengan perasaan ingin untuk mengembangkan kekuatan internal kita. 

Law of attraction mungkin bukan hukum yang begitu empiris, bukan hal yang bisa diukur dan diteliti secara ilmiah. Namun bentuk pengharapan yang terlihat seperti prinsip spiritual atau panduan motivasional ini sepenuhnya berguna. Ketika kita fokus pada hal-hal positif maka itu akan berpengaruh pada realitas kita. Kita akan mampu menciptakan realitas positif melalui energi positif yang kita pancarkan (Nurhayati et al., 2023). Kita akan membentuk pola pikir yang positif dengan fokus untuk mencapai kebahagiaan dan kepuasan dalam kehidupan. 


Refrensi :
Nurhayati, P., Asbari, M., & Naharussurur, A. R. (2023). Literaksi : Jurnal Manajemen Pendidikan Law of Attraction : Inilah Jalan Meraih Impian ? 01(02), 128–132.

0 comments:

Post a Comment