Berikut ini contoh proposal permohonan bantuan dana untuk pembangunan ruang kelas baru
PROPOSAL PERMOHONAN BANTUAN DANA RUANG KELAS BARU (RKB) 2018 ================================================================
Assalamu’alaikum Wr.Wb.
Salam dan do’a kami sampaikan, semoga dalam menjalankan segala aktivitas ada dalam lindungan Allah SWT. Amin.
Dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia dan berjalannya program pendidikan yang berkualitas, dengan ini kami sampaikan permohonan bantuan Dana Pembangunan 2 Lokal Ruang Kelas Baru (RKB) MTs .......................... Desa ....................... Kecamatan ..................................... Kabupaten Garut Tahun 2018.
Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Mengetahui, Kepala Madrasah
F. ALTERNATIF LANGKAH-LANGKAH PEMECAHAN MASALAH
REKAPITULASI RANCANGAN ANGGARAN BIAYA
PEMBANGUNAN RUANG KELAS BARU ..............................BANJARWANGI 2018
.............................. ...................................................
PROPOSAL PERMOHONAN BANTUAN DANA RUANG KELAS BARU (RKB) 2018 ================================================================
PROPOSALPERMOHONAN BANTUAN
RUANG KELAS BARU ( R K B )
TAHUN 2018
Kepada Yth:
Direktur Jenderal Pendidikan Islam
Kementerian Agama Republik Indonesia
CQ.
Kasubdit Sarana Prasarana Kementerian Agama Republik Indonesia
Di - Jl. Lapangan Banteng Barat No. 3-4 Jakarta Pusat.
YAYASAN ..............................................................
.............................................. ........................
ALAMAT : ....................................................................
JAWA BARAT 2018
KOP
===============================================================
===============================================================
Nomor : ..................................... Garut, ...................2018
Lampiran : 1 (Satu) berkas Proposal
Perihal : Usulan Pembangunan Gedung Ruang Kelas Baru (RKB)
Kepada Yth:
Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia
Lampiran : 1 (Satu) berkas Proposal
Perihal : Usulan Pembangunan Gedung Ruang Kelas Baru (RKB)
Kepada Yth:
Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia
CQ
Kasubdit Sarana Prasarana Kementerian Agama Republik Indonesia
Di Jl. Lapangan Banteng Barat
No. 3-4 Jakarta Pusat.
Assalamu’alaikum Wr.Wb.
Salam dan do’a kami sampaikan, semoga dalam menjalankan segala aktivitas ada dalam lindungan Allah SWT. Amin.
Dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia dan berjalannya program pendidikan yang berkualitas, dengan ini kami sampaikan permohonan bantuan Dana Pembangunan 2 Lokal Ruang Kelas Baru (RKB) MTs .......................... Desa ....................... Kecamatan ..................................... Kabupaten Garut Tahun 2018.
Adapun sebagai bahan pertimbangan, bersama ini kami lampirkan :
- Profil MTs .......................................
- Foto Copy Piagam Pendirian Sekolah
- Foto Copy Piagam AkreditasiPoto Copy Akta Notaris Yayasan
- Susunan Pengurus Yayasan
- Struktur Organisasi Panitia Pembangunan Madrasah
- Rencana Anggaran Biaya Pengembangan Sarana dan Prasarana Pendidikan
- Foto tanah untuk bangunan
Demikian surat permohonan ini kami sampaikan, atas segala perhatian dan bantuannya kami haturkan terima kasih.
Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Mengetahui, Kepala Madrasah
Ketua Komite Sekolah MTs ........................................
..................................... ...............................................
NIP :
BAB I
PENDAHULUAN
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Pendidikan Nasional dilaksanakan dengan tujuan untuk membentuk kualitas Sumber Daya Menusia (SDM) yang seutuhnya, yaitu manusia yang beriman dan bertakwa terhadap Tuhan yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur, berkepribadian, berdisiplin, beretos kerja tinggi, tangguh, bertanggung jawab, mandiri, cerdas dan terampil sehat serta jasmani dan rohani.
Jalan dan tujuan tersebut diatas, berdasarkan tujuan peningkatan mutu pendidiklan, pemerataan pendidikan, efesiensi, dan efektifitas hasil pendidikan akan berhasil apaila dilakukan terencana, terarah, terukur, dan berkesinambungan yang di tunjang oleh adanya system pengorganisasian yang tepat serta sarana dan prasarana yang lengakap dan memadai.
Secara institusional pendidikan yang diselengarakan di MTs .............................. Kabupaten Garut bertujuan untuk memberikan bekal yang cukup kepada peseta didik akan dapat melakukan pandidikan ke jenjang yang lebih tinggi dalam dimensi yang lebih luas pendidikan MTs ..............................Garut harus mewujudkan pendidikan tersebut. Maka berdasarkan tujuan tersebut di atas, memuat 3 (tiga) yang di harapkan sebagai berikut :
- Pemeratan dan peluasan pendidikan.
- Penigkatan mutu, relevansi pendidikan dan keseimbangan dalam mewujudkan pembangunan di tingkat pendidikan.
- Penigkatan manajemen pendidikan.
Sehingga upaya pencapaian tujuan pendidikan di tentukan oleh banyak faktor antara lain sarana dan prasarana, kondisi sosial ekonomi orang tua siswa, potensi guru dan metode guru yang di gunakan dalam proses pendidikan pemerintah terus menerus membenahi seluruh faktor yang mempengaruhi upaya penigkatan kualitas pendidikan tersebut.
Berdasarkan paparan di atas, dengan memperhatikan kondisi yang ada di MTs ..............................Garut, maka dengan program dan straregi yang telah disiapkan sudah barang tentu dengan keterbatasan angaran yang tersedia belum dapat tercapai dengan secara optimal, maka dengan mengajukan permuhonan bantuan dana pembangunan Sekolah ini diharapkan apa yang telah di programkan tersebut dapat tercapai secara optimal.
Berdasarkan paparan di atas, dengan memperhatikan kondisi yang ada di MTs ..............................Garut, maka dengan program dan straregi yang telah disiapkan sudah barang tentu dengan keterbatasan angaran yang tersedia belum dapat tercapai dengan secara optimal, maka dengan mengajukan permuhonan bantuan dana pembangunan Sekolah ini diharapkan apa yang telah di programkan tersebut dapat tercapai secara optimal.
B. DASAR HUKUM
- QS. Al Mujadalah ayat 11. .....ير فع الله الذين آمنوا منكم والذين أوتوالعلم درجات ....
- Undang-undang republik Indonesia No. 22 tahun 2000 tentang : Otonomi Daerah.
- Peraturan daerah 29 tahun 1990 tentang pendidikan menengah.
- Petunjuk pelaksanaan pembangunan RKB SD/MI/SLTP/SLTA melalui partisipasi masyarakat
- Pembukaan undang-undang dasar, Dalam pembukaan undang-undang dasar 1945 pada alenia ke 4 di antaranya disebutkan bahwa “……. Dan memajukan kesejahteraan kehidupan bangsa….”
- Undang undang dasar 1945 ayat 1-2 : Ayat 1 : tiap-tiap warga Negara berhak untuk mendapatkan pembelakaran. Ayat 2 : pemerintah menyediakan dan menyelengarakan suatu system pengajaran nasional yang diatur dengan undang-undang.
- Garis-garis haluan Negara (GBHN) tahun 1999-2004 tap MPR /1999 yang telah mengamanatkan mengenai pemerataan dan meningkatkan mutu lembaga pendidikan yang diselenggarakan baik oleh masyarakat maupun pemerintah untuk meningkatkan system pendidikan yang efektif dan efesien dalam mengahadapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta seni.
C. MAKSUD DAN TUJUAN
Adapun maksud dan tujuan program kerja untuk mendapatkan dana bantuan pembangunan ruang kelas baru ini diantara lain :
- Dapat memberikan solusi bagi terwujudnya program yang telah ditetapkan sehingga dapat tercapai pemerataan dan peluasan pendidikan bagi masyarakat sekitar.
- Membantu pemerintah menyediakan sarana pendidikan untuk memperluas peluang dan meningkatka belajar bagi masyarakat.
- Dengan tercapainnya pemerataan diatas diharapkan dapat memberikan peluang bagi strategi peningkatan mutu pendidikan di MTs ..............................Banjarwangi Garut.
- Membentuk manusia Indonesia seutuhnya yang berpancasila, berbudi pekerti luhur serta sehat jasmani social, cerdas dan terampil, sehingga mempu membangun dari keluarga dan bangsannya dengan harmonis.
- Untuk menciptakannya insan yang bertaqwa kepada Allah SWT
- Ikut berpatisipasi dalam mewujudkan kesejahteraan rakyat untuk mencapai keadilan social menuju masyarakat Indonesia yang adil dan makmur
- Pengadaan sarana dan prasarana dalam meningkatkan kemampuan dalam pencapaian optimalisasi hasil belajar mengajar
- Untuk meningkatkan efektifitas proses pendidikan
- Menambah daya tampung siswa
D. HASIL YANG DIHARAPKAN
- Memberikan kenyamanan belajar siswa
- Membantu kelancaran kegiatan KBM
- Memberikan bekal ilmu pada siswa dalam dunia ilmu pengetahuan dan teknologi
- Fasisilitas sarana dan prasarana belajar berfungsi sesui dengan fungsinya masing-masing
- Jumlah ruangan kelas sesuai dengan jumlah rombongan belajar
BAB II
ANALISA KEBUTUHAN SEKOLAH
A. VISI DAN MISI SEKOLAH
- Visi
MENCETAK GENERASI BERAKHLAKUL KARIMAH DAN BERWAWASAN LUAS.
- Misi
- Teruwjudnya generasi Islami yang kuat aqidahnya.
- Terwujudnya siswa yang selalu berkarya demi diri, agama dan bangsa.
B. IDENTIFIKASI TANTANGAN NYATA SEKOLAH
- Letak geografis sangat strategis
- Jumlah rombongan belajar lebih besar dari jumlah ruang belajar yang tersedia
- Kegiatan belajar mengajar (KBM) sebagai mengunakan ruang yang bukan milik di MTs .............................. kurang sesuai dengan fungsi ruangan belajar
- Minat masyarakat untuk menyekolahkan putra-putri ke MTs ..............................Garut dari tahun ke tahun semakin tinggi
- Alat dan alat lab. Memadai
- Buku-buku perpustakaan dan meubelair yang kurang memadai
- Kurang tarsediannya alat atau sarana olah raga dan kesehatan
- Ruang belajar yang kurang nyaman dan kurang memadai
- Potensi belajar siswa yang cukup tinggi
C. TUJUAN SITUASIONAL SEKOLAH
Secara garis besar Sekolah-Sekolah yang diharapkan di gamarkan sebagai berikut :
- Ciri-ciri Sekolah yang diharapkan :
- Sekolah menjadi pusat pendidikan dan kebudayaan yang berguna bagi kehidupan masyarakat, bagsa, masyarakat dan Negara.
- Memilih sarana dan prasarana yang lengakap merupakan salah satu factor penunjang dalam keberhasilan pandidikan.
- Memiliki guru berkelayakan berkuallitas maupun kuantitasnya sehingga dapat meningkatkan pendidikan seoptimal mungkin.
- Kwalitas belajar mengajar yang tinggi sehingga Sekolah dapat mencetak lulusan yang siap dipakai di lingkungan masyarakat, berwirasuasta atau melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi.
- Adanya kemunikasi terbuka terpimpin yaitu adanya komunikasi timbal balik antara kepala sekolah, guru, staf, dan para siswa yang akan mecniptakan suasana 5 K.
- Adanya hubungan yang serasi antar sekolah, instansi pemerintah, dewan sekolah serta masyarakat di ligkungan sekolah.Adannya kepemimpinan kepala sekolah yang dinamis dan ditunjang oleh seluruh wakasek dan staf lainnya.
- Adannya organisasi sekolah yang baik, tertib
- Harapan Yang Ingin Dicapai
Mengingkat berbagai factor penunjang masih dirasakan kurang, maka dalam mencapai tarap keadaan sekolah seperti tersebut di atas, memerlukan waktu yang cukup lama sehingga sekolah berusaha semaksimal mungkin untuk mengadakan perbaikan-perbaikan disegala sebagai dan bidang, menigkatkan hubungan kerja sama dengan semua pihak yang terkait agar pendidikan dapat dicapai semaksimal mugkin.
D. IDENTIFIKASI FUNGSI-FUNGSISEKOLAH
- Kurang kondusifnya ruang belajar/kelas
- Kurangnya alat dan bahan praktek untuk seni dan bahasa
- Melangakapi sarana belajar dan multi media perpustakaan sekolah
- Penyedian sarana dan prasarana olahraga dan kesenian
E. ANALISIS SWOT MTS .........................
Faktor
|
Strength
(Kekutan)
|
Weakness
(Kelemahan)
|
Opportunity
(Peluang)
|
Treath
(Ancaman)
|
Regular
|
Bakat, minat dan motivasi
belajar siswa tinggi
|
Rasio sekolah masih cukup besar sarana dan prasarana masih kurang
|
Belajar siswa aktif, pembelajran alebig efektif dan efesien
|
Kurang efektif/memadai dalam penggunaan untuk belajar siswa
|
Tenaga pendidik
|
Guru mayoritas pendidikan S1
|
Guru kurang mampu dalam penggunaan meulti media
|
Metode belajar guru bervariasi dan penuh inovasi
|
Multi media dan teknisi disekolah masih terbatas
|
Menajeman
|
Pembaharuan pembelajaran disekolah
|
Ruang perpustakaan dan buku-buku masih kurang memadai
|
Prestasi sekolah meningkat
|
Dukungan dari berbagai pihak
|
F. ALTERNATIF LANGKAH-LANGKAH PEMECAHAN MASALAH
- Pemohonan dana bantuan untuk melengakapi sarana dan sumber belajar melalui pengusulan pembahanan fasilitas yang kurang melalui bantuan.
- Pengadaan sarana dan prasarana pembelajaran.
G. RENCANA PROGRAM KERJA DAN RENCANA INDUK PEMGEMBANGAN SEKOLAH
Sasaran : Peningkatan Kualitas
Program kerja : Pembangunan Ruang Kelas Baru
Rincian program :
- Pembaikan dan penambahan ruangan belajar siswa.
- Pengadaan sarana prasara kantor dan ruang guru
- Pengadaan sarana dan prasarana olah ranga, kesenian, perpustakaan dan gedung serba guna
BAB III
RANCANGAN ANGGARAN BIAYA
PERINCIAN ANGGARAN BIAYA
PEKERJAAN PEMBANGUNAN 2 RUANG KELAS BARU MTS
..............................BANJARWANGI GARUT
TAHUN 2018
NO
|
URAIAN PEKERJAAN
|
SAT.
|
VOL.
|
HARGA SATUAN
|
JUMLAH HARGA
|
|
(Rp.)
|
(Rp.)
|
|||||
I.
|
PEKERJAAN PERSIAPAN
|
|||||
1
|
Penyediaan listrik, air kerja selama pelaksanaan
|
ls.
|
2,000
|
1.500.000,00
|
3.000.000,00
|
|
2
|
pek. Administrasi dan dokumentasi pelaksanaan
|
ls.
|
2,000
|
1.000.000,00
|
2.000.000,00
|
|
3
|
pek. Pembuatan papan nama (bahan multi 9 mm finish cat)
|
ls.
|
2,000
|
600.000,00
|
1.200.000,00
|
|
SUB TOTAL PEKERJAAN I.
|
6.200.000,00
|
|||||
II.
|
PEKERJAAN TANAH DAN PONDASI
|
|||||
1
|
pek. Pas. Papan bowplank
|
m³
|
132,000
|
97.400,00
|
12.856.800,00
|
|
2
|
pek. Galian tanah pondasi
|
m³
|
138,130
|
40.200,00
|
5.552.826,00
|
|
3
|
Pek. Urugan pasir dibawah pondasi t. 10 cm
|
m³
|
15,640
|
22.800,00
|
356.592,00
|
|
4
|
pasangan pondasi batu belah 1 pc:5Ps
|
m³
|
47,972
|
200.400,00
|
9.613.588,80
|
|
5
|
Pek. Urugan tanah kembali bekas galian pondasi dan pemadatan
|
m³
|
74,518
|
200.400,00
|
14.933.407,20
|
|
SUB TOTAL PEKERJAAN II
|
43.313.214,00
|
|||||
III.
|
PEKERJAAN BETON
|
|||||
1
|
pek. Beton sloof SL 14/20 cm, k-175 (tul 178 kg/M³)
|
m³
|
4,312
|
3.183.900,00
|
13.728.976,80
|
|
2
|
pek. Beton kolom K-1 13/23 cm, k-175 (tul 195 kg/M³)
|
m³
|
3,348
|
4.402.683,00
|
14.740.182,68
|
|
3
|
pek. Beton kolom K-2 13/28 cm, k-175 (tul 249 kg/M³)
|
m³
|
0,934
|
4.604.500,00
|
4.300.603,00
|
|
4
|
pek. Beton kolom P, 12/12 cm, k-175 (tul 260 kg/M³)
|
m³
|
0,836
|
3.183.900,00
|
2.661.740,40
|
|
5
|
pek. Balok RB SL 14/20 cm, k-175 (tul 208 kg/M³)
|
m³
|
5,522
|
3.183.900,00
|
17.581.495,80
|
|
6
|
pek. Beton Lintel SL 10/10 cm, k-175 (tul 292 kg/M³)
|
m³
|
0,600
|
3.246.768,00
|
1.948.060,80
|
|
SUB TOTAL PEKERJAAN III
|
54.961.059,48
|
|||||
IV.
|
PEKERJAAN PAS.BATA & PLESTERAN
|
|||||
1
|
Pek. Pasang dinding bata 1 PC:3Ps
|
m²
|
39,600
|
56.300,00
|
2.229.480,00
|
|
2
|
Pek. Pasang dinding bata 1 PC:5Ps
|
m²
|
265,640
|
54.600,00
|
14.503.944,00
|
|
3
|
Pek. Plesteran 1PC:3Ps + acian
|
m²
|
79,200
|
20.650,00
|
1.635.480,00
|
|
4
|
Pek. Plesteran 1PC:5Ps + acian
|
m²
|
531,280
|
23.570,00
|
12.522.269,60
|
|
5
|
Pek. Plesteran Beton 1PC:3Ps + acian
|
m²
|
56,026
|
24.650,00
|
1.381.040,90
|
|
6
|
Pek. Pas roster beton ukuran 20x20 cm
|
m²
|
48,000
|
59.215,39
|
2.842.338,72
|
|
7
|
Pek. Pas saluran air hujan dari gretel U D 20 cm + pasang bata
|
m²
|
125,200
|
45.215,22
|
5.660.945,54
|
|
SUB TOTAL PEKERJAAN IV.
|
40.775.498,76
|
|||||
V.
|
PEKERJAAN UBIN LANTAI DAN DINDING
|
|||||
1
|
Pek. Urugan pasir di bawah lantai t 5 cm (dalam ruangan)
|
m³
|
12,600
|
520.000,00
|
6.552.000,00
|
|
2
|
Pek. Urugan pasir di bawah lantai t 5 cm (selasar)
|
m³
|
3,600
|
592.150,39
|
2.131.741,40
|
|
3
|
Pek. Urugan pasir di bawah rabat t 5 cm (keliling bangunan)
|
m³
|
5,820
|
592.150,39
|
3.446.315,27
|
|
4
|
pek. Lantai kerja 1PC:3Ps, bawah lantai t. 3 cm (dalam ruangan)
|
m³
|
7,560
|
84.080,58
|
635.649,18
|
|
5
|
pek. Lantai kerja 1PC:3Ps, bawah lantai t. 3 cm (selasar)
|
m³
|
2,160
|
59.210,54
|
127.894,77
|
|
6
|
Pek. Ubin lantai keramik 30x30 cm sek romun/mass
(dalam ruangan)
|
m2
|
252,000
|
104.017,00
|
26.212.284,00
|
|
7
|
Pek. Ubin lantai keramik 30x30 cm sek romun/mass
(selasar)
|
m2
|
72,000
|
104.017,00
|
7.489.224,00
|
|
8
|
pek. Rabat beton tumbuk t. 5 cm (keliling bangunan)
|
m³
|
5,820
|
60.850,00
|
354.147,00
|
|
SUB TOTAL PEKERJAAN V.
|
46.949.255,63
|
|||||
VI.
|
PEKERJAAN KUSEN, PINTU DAN JENDELA
|
|||||
1
|
Pekerjaan kusen pintu tipe PD1+Finishing cat
|
unit
|
4,000
|
554.586,33
|
2.218.345,32
|
|
2
|
Pekerjaan kusen jendela tipe JD1+Finishing cat
|
unit
|
16,000
|
816.379,11
|
13.062.065,76
|
|
3
|
Pekerjaan kusen jendela tipe BV1+Finishing cat
|
unit
|
4,000
|
611.150,00
|
2.444.600,00
|
|
SUB TOTAL PEKERJAAN VI.
|
17.725.011,08
|
|||||
VII.
|
PEKERJAAN ATAP DAN LANGIT-LANGIT
|
|||||
1
|
Pek. Rangka atap baja ringan standar SN, kualitas baik
|
m²
|
544,350
|
110.000,00
|
59.878.500,00
|
|
2
|
Pek. Penutup atap genteng metal
|
m²
|
544,350
|
60.000,00
|
32.661.000,00
|
|
3
|
Pek. bubung atap genteng metal
|
m²
|
40,300
|
55.000,00
|
2.216.500,00
|
|
4
|
pek. Lisplank datar 3/35 cm kayu borneo super
|
m²
|
80,600
|
51.600,00
|
4.158.960,00
|
|
5
|
pek. Lisplank miring 2/20 + 2/10 cm kayu borneo super
|
m²
|
54,000
|
32.915,42
|
1.777.432,68
|
|
6
|
pek. Rangka langit kayu 5/10 +5/7 kayu kelas II
|
m²
|
488,890
|
42.900,00
|
20.973.381,00
|
|
7
|
pek. Langit-langit eternit 100X100 cm
|
m²
|
488,910
|
10.668,89
|
5.216.127,01
|
|
8
|
pek. List langit-langit 1x3 cm
|
m²
|
430,600
|
3.900,00
|
1.679.340,00
|
|
SUB TOTAL PEKERJAAN VII.
|
128.561.240,69
|
|||||
VIII.
|
PEKERJAAN PENGECATAN
|
|||||
1
|
Pengecatan dinding dengan cat tembok sekualitas sanlex
|
m²
|
531,280
|
13.000,00
|
6.906.640,00
|
|
2
|
pengecatan langit-langit dengan cat tembok sekualitas sanlex
|
m²
|
488,890
|
13.200,00
|
6.453.348,00
|
|
3
|
pengecatan lisplank dan balok gapit dengan cat kayu sekualitas
seiv
|
m²
|
41,710
|
9.500,00
|
396.245,00
|
|
4
|
pengecatan lis langit-langit 1x3 cm denan cat kayu sekualitas
seiv
|
m²
|
21,530
|
10.500,00
|
226.065,00
|
|
5
|
pengecatan plin dinding cat minyak t. 10 cm
|
m²
|
23,900
|
9.779,17
|
233.722,16
|
|
SUB TOTAL PEKERJAAN VIII.
|
14.216.020,16
|
|||||
IX
|
PEKERJAAN ELEKTRIKAL
|
|||||
1
|
Pek. Sparing pipa PVC dia 5/8" untuk kabel titik cahaya dan
otlet daya dinding
|
ttk
|
12,000
|
100.000,00
|
1.200.000,00
|
|
2
|
panel listrik
|
bh
|
2,000
|
32.000,00
|
64.000,00
|
|
3
|
lampu, TL 1x36 W
|
bh
|
24,000
|
85.000,00
|
2.040.000,00
|
|
4
|
lampu, pijar 25W
|
bh
|
4,000
|
7.150,00
|
28.600,00
|
|
5
|
Instalasi lampu, dengan kabel NYM 3x2,5 mm2, dlm conduit dia. 20
mm
|
bh
|
28,000
|
82.000,00
|
2.296.000,00
|
|
6
|
saklar tunggal
|
bh
|
4,000
|
32.000,00
|
128.000,00
|
|
7
|
saklat double
|
bh
|
4,000
|
30.000,00
|
120.000,00
|
|
8
|
outlet daya dinding instalasi NYM 3x2 mm2 dlm pipa conduit PVC
dia 20 mm
|
ttk
|
4,000
|
19.800,00
|
79.200,00
|
|
SUB TOTAL PEKERJAAN IX.
|
5.955.800,00
|
|||||
4
|
pek. Lantai kerja 1PC:3Ps, bawah lantai t. 3 cm (dalam ruangan)
|
m³
|
7,560
|
84.080,58
|
635.649,18
|
|
5
|
pek. Lantai kerja 1PC:3Ps, bawah lantai t. 3 cm (selasar)
|
m³
|
2,160
|
59.210,54
|
127.894,77
|
|
6
|
Pek. Ubin lantai keramik 30x30 cm sek romun/mass
(dalam ruangan)
|
m2
|
252,000
|
104.017,00
|
26.212.284,00
|
|
7
|
Pek. Ubin lantai keramik 30x30 cm sek romun/mass
(selasar)
|
m2
|
72,000
|
104.017,00
|
7.489.224,00
|
|
8
|
pek. Rabat beton tumbuk t. 5 cm (keliling bangunan)
|
m³
|
5,820
|
60.850,00
|
354.147,00
|
|
SUB TOTAL PEKERJAAN V.
|
46.949.255,63
|
|||||
X
|
PEKERJAAN MEBEULAIR
|
|||||
Pengadaan Mebeulair
|
Unit
|
2,00
|
10.000.000,00
|
20.000.000,00
|
||
SUB TOTAL PEKERJAAN X
|
20.000.000,00
|
|||||
XI
|
PEKERJAAN LAIN-LAIN
|
|||||
1
|
pek. Pembersihan dan perapihan bangunan dan buangan sisa
pekerjaan
|
ls.
|
2,000
|
1.500.000,00
|
3.000.000,00
|
|
SUB TOTAL PEKERJAAN XI
|
3.000.000,00
|
|||||
TOTAL PEKERJAAN
|
381.657.099,81
|
REKAPITULASI RANCANGAN ANGGARAN BIAYA
PEMBANGUNAN RUANG KELAS BARU ..............................BANJARWANGI 2018
NO
|
URAIAN PEKERJAAN
|
JUMLAH HARGA ( RP )
|
I.
|
PEKERJAAN PERSIAPAN
|
6.200.000,00
|
II.
|
PEKERJAAN TANAH DAN PONDASI
|
43.313.214,00
|
III.
|
PEKERJAAN BETON
|
54.961.059,48
|
IV.
|
PEKERJAAN PAS.BATA & PLESTERAN
|
40.775.498,76
|
V.
|
PEKERJAAN UBIN LANTAI DAN DINDING
|
46.949.255,63
|
VI.
|
PEKERJAAN KUSEN, PINTU DAN JENDELA
|
17.725.011,08
|
VII.
|
PEKERJAAN ATAP DAN LANGIT-LANGIT
|
128.561.240,69
|
VIII.
|
PEKERJAAN PENGECATAN
|
14.216.020,16
|
IX.
|
PEKERJAAN ELEKTRIKAL
|
5.955.800,00
|
X
|
PEKERJAAN MEBEULAIR
|
20.000.000,00
|
XI.
|
PEKERJAAN LAIN-LAIN
|
3.000.000,00
|
JUMLAH
|
381.657.099,81
| |
JUMLAH DIBULATKAN
|
381.657.000,00
|
Terbilang :“Tiga Ratus Delapan Puluh Satu Juta Enam Ratus Lima Puluh Tujuh Ribu Rupiah”
Garut, 04 Januari 2018
Kepala MTs ..............................
..............................
NIP :
BAB IV
RENCANA PELAKSANAAN PEMBANGUNAN
NO
|
URAIAN PEKERJAAN
|
I
|
II
|
III
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
I.
|
PEKERJAAN
PERSIAPAN
|
||||||||||||
II.
|
PEKERJAAN
TANAH DAN PONDASI
|
||||||||||||
III.
|
PEKERJAAN
BETON
|
||||||||||||
IV.
|
PEKERJAAN
PAS.BATA & PLESTERAN
|
||||||||||||
V.
|
PEKERJAAN
UBIN LANTAI DAN DINDING
|
||||||||||||
VI.
|
PEKERJAAN
KUSEN, PINTU DAN JENDELA
|
||||||||||||
VII.
|
PEKERJAAN
ATAP DAN LANGIT-LANGIT
|
||||||||||||
VIII.
|
PEKERJAAN
PENGECATAN
|
||||||||||||
IX.
|
PEKERJAAN
ELEKTRIKAL
|
||||||||||||
X
|
PEKERJAAN
MEBEULAIR
|
||||||||||||
XI.
|
PEKERJAAN
LAIN-LAIN
|
Garut, 04 Januari 2018
Kepala MTs ..............................
..............................
BAB V
PENUTUP
Dengan telah tersusunnya proposal untuk mendapatkan dana bantuan pembangunan sarana dan prasarana pendidikan berupa Ruang Kelas Baru (RKB) tahun angaran 2018 ini, harapan kami supaya menjadi tahun pertimbangan bagai berbagai pihak yang terkait sehingga memberikan bantuannya bagi MTs ..............................Garut.
Maka dengan adanya dana bantuan tersebut mudah-mudahan kami dapat mewujudkan hal-hal sebagai berikut :
- Terbentuknya motivasi dalam mereformasi diri terutama tercapainya penigkatan kwalitas dan kwantitas pandidikan di madrasah kami dengan melibatkan warga Sekolah dan masyarakat.
- Menjadi pendorong dalam pengelolaan Sekolah secara mandiri berdasarkan prinsip manajemen pendidikan dan mengembangkan belajar siswa.
- Sebagai perangsang bagi masyarakat, pemerintah daerah dan warga Sekolah dalam meningkatkan peran sertanya untuk penyelengaraan pendidikan MTs ..............................Garut
- Terpenuhnya kebutuhan ruang belajar sehingga dapat meninggkatkan mutu belajar mengajar di MTs ..............................Garut.
Garut, 04 Januari 2018
Ketua Komite Kepala MTs ..............................
Sekian yang bisa penulis sampaikan postingan tentang PROPOSAL PERMOHONAN BANTUAN DANA RUANG KELAS BARU (RKB) TAHUN 2018, postingan ini silahkan dicopy paste semoga bisa bermanfaat. terimakasih telah berkenan mampir pada blog kempelkumpul.blogspot.con. disini sobat bisa dapatkan catatan dan arsip duni pendidikan dan lainnya seperti seputar update automotif terbaru. sampai jumpa lagi pada postingan selanjutnya
Terima kasih. ijin copy.
ReplyDeleteapakah peluang proposalnya khusus untuk Mts....dapatkah Mi mengajukan proposal?
ReplyDeletebisa.. sama . Tinggal ganti nama MTs nya menjadi MI pa..
ReplyDeleteterima kasih atas contoh proposalnya pak
ReplyDeletetrimakasih telah mampir di blog kami pak, smoga bermanfaat
ReplyDeleteIzin copy...terimakasih atas uploadnya !_!
ReplyDeleteIzin copy...terimakasih atas uploadannya !_!
ReplyDeleteuntuk mendownloadnyah tidak ada yah, kalau boleh minta tolong berbagi. terimakasih
ReplyDeletetest comen
ReplyDeleteizin copas..Haturnuhun..Jazaakallah khairan.
ReplyDeleteizin copas..Haturnuhun..Jazaakallah khairan.
ReplyDeleteterima kasih pak atas contoh proposalnya semoga bermanfaat
ReplyDeleteterima kasih pak atas contoh proposalnya semoga bermanfaat
ReplyDeleteTerima kasih, sangat bermanfaat.
ReplyDeleteTrimakasih atas contoh proposal yang sudah di aplod
ReplyDeleteAsslmlkm, ijin download
ReplyDeleteApakah bisa digunakan buat TK?
ReplyDeleteApakah bisa digunakan untuk TK?
ReplyDeleteliat liat tapi mau
ReplyDeleteTerimakasih atas conto propisalnya . .
ReplyDeleteterimakasih saya ucapkan semoga Allah membalasnya menjadi suatu kebaikan
ReplyDeleteTerimakasih ilmunya, ijin copy
ReplyDeleteterimakasih atas potingan contoh proposal nya bermanfaat sekali sebagai bahan perbandungan semoga kita semua diberikan berkah nya oleh Allah swt terutama yang posting conto proposal ini. aaminn ya robbal alaamiin
ReplyDeletealhamdulillah terimakasih atas postingan contoh proposalnya bermanfaat sekali sebagai bahan perbandingan...semoga kita semua diberkahi dan diridhoi oleh allah swt terutama yang memosting contoh proposal ini. aamiin ya robbal alaamiin
ReplyDelete